bisnis perikanan

Sesi 2 dimulai pada pukul 10. 50 WIB dengan pembicara keempat yaitu Dr . Ir. Rita Rostika, MP yang membawakan materi dengan judul “Peluang dan Tantangan Berbisnis Perikanan yang Hebat dan Sukses”. Kondisi saat ini walaupun dalam keadaan pandemi, kebutuhan konsumsi ikan tetap meningkat. Perubahan orientasi pembangunan perikanan saat ini dilakukan dalam pendekatan berorientasi maritim. Rita menjelaskan bahwa Indonesia sekarang dalam kondisi sleeping giant yaitu meskipun Indonesia memiliki potensi yang besar tetapi belum dimanfaatkan dengan baik.

“Produk kita juga spesifik, tidak bisa dijual di tempat umum, ” tambahnya. Nantinya peserta dengan produk unggul berkesempatan membangun jejaring dan mendapatkan modal dari KKP untuk menjadi perusahaan rintisan yang maju, bahkan berorientasi ekspor. Apalagi jika dikombinasikan dengan jiwa entrepreneurship dan teknologi yang maju, misalnya membuat perusahaan rintisan di bidang perikanan berbasis orkestrasi dan lain sebagainya. Tahun 2018, diperkirakan konsumsi ikan nasional 50, 69 kilogram per kapita. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, tak perlu modal besar untuk masuk dalam industri perikanan. Mengetahui jenis-jenis usaha/bisnis perikanan tersebut dianggap penting agar kita dapat mengetahui berapa modal yang akan anda keluarkan serta jenis perizinan apa saja yang wajib anda urus nantinya ketika akan melakukan usaha/bisnis tersebut. Tak tanggung-tanggung, Menteri Edhy meminta Direktur Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan dan Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja untuk membentuk tim kecil untuk mengawal kegiatan ini.

Entah itu bidang bisnis perikanan, baik budidaya atau akuakultur maupun usaha perikanan tangkap. Bisnis atau bidang usaha perikanan tangkap adalah sebuah kegiatan usaha yang serius dalam produksi ikan melalui cara penangkapan ikan.

“Dari segi teknis saya melihat bapak-ibu punya peluang dan potensi luar biasa. Tapi ada satu kata kunci yang belum ada, keberanian bapak-ibu bikin terobosan menerapkan ilmu, ” kata Menteri Edhy saat membuka rapat koordinasi di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Senin (22/6/2020). Hal tersebut tercetus dalam dialog serta diskusi yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama puluhan nelayan yang juga anggota Koperasi Tugu Anak Martitim di Pulau Saponda. Namun, ia menyebut saat ini baru 13. 821 unit koperasi yang bergerak di sektor pangan atau setara 11, 23 persen dari total koperasi dengan kontribusi omzet sebesar 7, 27 persen terhadap total omzet Koperasi di Indonesia. “Kami terus dalami ini dan kami berharap model korporasi di sektor KKP segera terwujud walaupun tanpa kita sadari sudah banyak yang tumbuh cuma belum terkoneksi dengan baik, ” katanya. Namun dalam berbagai kesempatan, Edhy Prabowo selalu menegaskan bahwa meski kebijakannya banyak menuai pro dan kontra di kalangan tertentu, dia siap pasang badan memberikan sejumlah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Peruntungan Abah Ubed berubah sejak dia mengikuti pelatihan pengolahan krakers abon ikan dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan pada 2019. Hasil pelatihan tersebut pun dia terapkan dengan memproduksi krakers berbahan dasar ikan lele. Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Induk KUD, Portasius Nggedi menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti hasil audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI. “Pertemuan ini sangat konstruktif, begitu besar perhatian Bapak Menteri terhadap kesejahteraan nelayan, ini akan memacu Induk KUD untuk bekerja lebih keras, karena nelayan juga merupakan jaringan Induk KUD”, tegasnya. • Kegiatan penangkapan ikan hidup, ikan segar, atau pengemasan telur, benih, dan induk setelah panen sebelum diolah atau dipasarkan. Sederhananya adalah Anda harus mempunyai blue ocean strategy sebelum memutuskan untuk menggeluti suatu bidang bisnis agar kemungkinan sukses di bisnis tersebut lebih tinggi. Agar menembus pasar Amerika, Nizam berbagi kisah bahwa yang terpenting adalah adanya permintaan pasar terlebih dahulu, baru dapat menjadi pemasoknya.

Harmony ialah aplikasi pembukuan online yg praktis dan mudah dipakai. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapan saja dengan mudah walau bukan memiliki latar belakang akuntan sekalipun. Pada periode terkait sudah berbicara tentang standar operasional prosedur yang diharuskan dijalani. Harus ada SOP dari hulu ke hilir dalam proses ini agar agar pekerjaan yang dihasilkan seusai dengan harapan pemilik marketing. • Kegiatan penangganan ikan diatas kapal sebelum diolah atau dipasarkan.

Produk rajungan miliknya dibeli langsung dri nelayan dengan jumlah yg cukup melimpah. Nantinya, pemerintah akan langsung memungut bea cukai barang impor arah transaksi barang impor US$3 per kiriman. Keempat, menambahkan efisiensi logistik, membangun cara informasi rantai-suplai hulu-hilir realtime berbasis teknologi informasi. Kelima, memperkuat kajian ilmiah checking dinamika populasi dan kelimpahan ikan demi optimalisasi pemanfaatan yang keberlanjutan. Untuk permodalan, KKP telah menggandeng Lembaga Pengelolaan Modal Usaha Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang terkadang fokus memodali UKM newbie. Ke depannya, KKP pun bakal meminta partisipasi Financial institution BRI dan Bank BNI dalam program CSR-nya.

Selain itu, kita harus mengedepankan Pentahelix Collaboration secara akademisi, bisnis, pemerintahan, komunitas, dan media. Dilanjutkan dengan pembicara ketiga yaitu Syarif Syahrial, membawakan materi mengenai pemodalan usaha kelautan dan perikanan. Rencana pengelolaan tuna nasional ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan perikanan tuna yang lestari untuk kesejahteraan masyarakat perikanan. Di berbagai wilayah terdepan Indonesia tersebut, tersedia 5 peluang bisnis potensial berupa perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan, sistem rantai dingin, serta pergudangan. Untuk memacu berjalannya kegiatan bisnis, pemerintah akan membangun 5 infrastruktur utama di tiap daerah, yakni dermaga, air bersih, instalasi listrik, gudang beku terintegrasi serta kapal penangkapan. Untuk usaha perikanan pengolahan ini sendiri merupakan sebuah aktivitas bisnis perikanan dengan tujuan primer, yakni menaikkan nilai tambah yang telah dimiliki sebuah produk perikanan.

Hal ini bisa ditinjau berdasarkan bidang usaha yang dijalankan oleh nelayan atau rakyat yang tinggal di daerah pesisir pantai ataupun dekat perairan darat. Mengingat potensi pasar dan kelimpahan sumber daya, pemerintah menetapkan mereka sebagai andalan perikanan tangkap. Sementara udang, rumput laut, tilapia, kerapu, patin, sidat, lobster dan ikan hias menjadi unggulan budi daya. Program pemuliaan induk unggul dan peningkatan kandungan bahan baku lokal industri pakan segera direalisasikan. Bisnis di sektor kelautan dan perikanan diharapkan mampu meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi nasional, khususnya dari sektor perikanan tangkap. Untuk mencapai itu, perlu adanya kerja sama antara nelayan dan pemerintah.

Edhy menegaskan, bagi kelompok yang tidak setuju dengan kebijakannya, bisa memberi masukan tanpa perlu melakukan protes dan bermain politik di publik, serta tidak perlu ngetren di atas penderitaan jamaah lain. Jakarta, Induk KUD – Sejak diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI dalam Kabinet Philippines Maju, sosok Menteri Kelautan dan Perikanan RI yg juga wakil Ketua Publik Partai Gerindra Edhy Prabowo kerap diperbincangkan. Hal terkait tak lepas dari deretan kebijakan yang bertentangan oleh pendahulunya, Susi Pudjiastuti, masa lain aturan larangan cantrang, penghentian kebijakan penenggelaman kapal dan paling heboh ekspor benih lobster.