bisnis kerajinan kayu

Terakhir Gendhewa Woodcraft ikut serta di dalam pameran yang diadakan Dekranas di Makassar Sulawesi Selatan. Agus mengaku, dalam sebulan dirinya bisa meraup omzet hingga ratusan juta.

Berbekal ketelatenan dan keketrampilan yang dimiliki, dia mampu membikin sebanyak 4 jenis sepeda kayu unik dan suatu sepeda motor berbahan kayu limbah. Diakui Pak Aris, modal dan proses pemasaran menjadi kendala utama usahanya selama ini. Dalam memasarkan produknya, Gendhewa Woodcraft sering ‘dibawa’ pemerintah untuk ikut serta dalam beberapa kali pameran kerajinan.

Hal ini dibuktikan dari kisah Ivan Yahya Adhi Teja, seorang enterpreneur muda yang mengembangkan bisnis kerajinan kayu dengan memasarkannya di marketplace Tokopedia. Ia bilang, sejak mengikuti pelatihan manajemen bisnis dan ekspor yang difasilitasi Telkom, usahanya semakin terkelola dengan benar. Pelaku UMKM Catur Batik Wood, Catur Sugiyono berpose dengan produk kerajinan topeng batik kayu di salah satu outlet handycraft Batik Wood di kawasan Thamrin, Jakarta. Dengan menggunakan kikir kayu saya yakin anda dapat membuat sebuah karya yang unik dan memikat. Dan yang terpenting adalah karya kita merupakan karya asli buatan tangan bukan hasil sebuah mesin, terkait tentunya akan menambah daya tarik orang untuk membeli. Proses yang dilakukan pada pabrik diantaranya pengeringan bahan baku, penggambaran pola, pemotongan, proses pembubutan, assembly, completing, pengecatan, dan packing. Oleh begitu, ia tak sebatas selalu mampu menggenjot produksi melainkan juga memberikan manfaat bagi warga sekitar.

bisnis kerajinan kayu

Menurut David, Jokowi sangat paham benar mengenai jenis-jenis kayu. Dan jenis kayu apa saja yang bisa dimanfaatkan dan laku untuk dijual.

Hal inilah yang kemudian banyak ditiru oleh pengusaha mebel dan industri kayu. Ide inilah yang kemudian menjadi cikal bakal IZEMU, sebuah brand yang digagas Ivan dan teman-teman tuk produk kerajinan kayu produksinya. Ia berkesempatan mengunjungi Jawa Tengah dan menemui sisa-sisa batang kayu berkualitas banyak tergeletak menjadi limbah yang jika diolah akan bisa bersaing dengan produk luar negeri.