Menu Close

Deretan Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil Dan Tips Memulainya

bisnis kuliner modal kecil

Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar. Dalam hal ini, pikirkan soal pembukuan, penagihan dan juga pengaturan stok yang kamu miliki. Untuk memudahkanmu dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan platform bisnis Paper. id dengan fitur utama invoice, inventaris, akunting. Keluhan-keluhan itu bisa Anda jawab dengan memiliki pelayanan yang ramah. Jangan sampai Anda atau pelayan Anda hanya menyapa dengan sekenanya, tanpa senyum, dan marah ketika pelanggan komplain.

Pasar dari usaha kecil-kecilan ini sangat banyak, khususnya orang-orang yang bekerja ataupun anak kos. Namun tentunya, pertambahan unit mesin cuci dan setrika diperlukan jika memang jumlah pesanan telah melesat tajam. Anda pun mesti menyiapkan tenaga kerja tambahan jika memang usaha berkembang baik. Mencuci dan menyetrika merupakan kegiatan yang umumnya enggan dilakukan banyak orang. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuat usaha laundry kiloan.

Artinya segala sesuatu yang dilakukan oleh warganya harus berlandaskan aturan hukum. Tujuannya adalah agar pemerintah dapat memastikan bahwa usaha Anda resmi, tidak bergerak di sektor ilegal, dan dapat dipertanggungjawabkan. Modal untuk usaha desain juga relatif kecil karena hanya menggunakan sarana yang sering Anda pakai, seperti laptop, pensil, drawing pen, dan lain-lain. Itu pun termasuk modal tetap yang tidak perlu diperbaharui tiap bulan. Soal keuntungan, jutaan rupiah bisa langsung Anda peroleh untuk satu desain Anda jika nama Anda sudah melejit.

Membuka warung makan sederhana memerlukan modal yang lebih kecil jika dibandingkan dengan membuka restoran. Biasanya orang yang suka dengan tantangan menjadi pelanggan setia. Misalkan Anda memproduksi kerupuk jengkol untuk ekspor keluar daerah. Ketika bahan baku mudah Anda dapatkan, maka modal bahan baku akan menjadi semakin murah.

Hanya saja dalam menjalankan usaha ini, Anda harus terus berinovasi menghadirkan produk baru untuk mengikuti keinginan pasar. Modal usaha kerajinan pun rata-rata Anda yang berada di bawah Rp 1 juta jika masih dalam skala kecil.

Buktinya kita sering menemukan para pedagang tahu bulat, mulai dari wilayah kota hingga pedesaan. Seperti dengan membuka warung, sistem order melalui media sosial. Terutama di lokasi kepulauan riau yang jauh dari bahan baku tersebut. Jika di lokasi Anda terdapat banyak sekali bahan untuk membuat emping, Anda bisa saja melirik peluang usaha yang satu ini. Kunci sukses agar usaha warung makanan Anda berjalan lancar tentu Anda harus menjaga kualitas makanan, menjaga kebersihan serta menjaga kualitas layanan Anda.

Bentuknya yang mini dan imut, serta warna dan rasanya yang unik, membuat camilan ini tidak pernah sepi pelanggan. Target marketnya pun sangat luas, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa suka makan cup cake. Kuliner enak dan murah ini biasa kita kenal dengan sebutan ‘Piscok’ singkatan dari pisang cokelat. Sekarang ini usaha jajanan yang menjual Piscok cukup banyak dan masing-masing punya keunikan.

Dari modal tersebut, untung yang bisa Anda peroleh bisa mencapai 3-4 kali lipatnya. Membuka usaha bimbingan belajar juga sangat tepat bagi Anda yang ingin mencari usaha modal kecil, tapi dengan keuntungan besar.

Modal yang Anda perlukan di awal hanya sebuah mesin cuci berikut sabun wangi khas penatu yang harganya tidak mencapai ratusan ribu per kilogramnya. Anda mungkin kesulitan di awal usaha karena umumnya orang memilih katering berdasarkan nama besar. Namun, sekali Anda mendapatkan konsumen dan hasil katering Anda memuaskan, berita dari mulut ke mulut akan membuat pesanan untuk katering Anda membeludak. Walaupun Cireng berasal dari Bandung, masyarakat di berbagai kota di pulau Jawa sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Cireng memiliki beberapa varian isi yang rasanya enak, mulai dari olahan ayam, daging sapi, hingga keju.

bisnis kuliner modal kecil

Anda sejatinya hanya memerlukan promosi serta tempat kecil untuk memulai usaha. Harga untuk jasa cuci mobil atau motor berkisar Rp 10. 000-20. 000. Jika satu hari setidaknya ada 5-10 kendaraan yang mampir ke usaha jasa Anda, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 100. 000 per hari. Jumlah tersebut bisa dikatakan lumayan bersih karena selain modal tetap di awal, modal tambahan hampir tidak ada.