bisnis perikanan

Hal ini bisa ditinjau berdasarkan bidang usaha yang dijalankan oleh nelayan atau rakyat yang tinggal di daerah pesisir pantai ataupun dekat perairan darat. Mengingat potensi pasar dan kelimpahan sumber daya, pemerintah menetapkan mereka sebagai andalan perikanan tangkap. Sementara udang, rumput laut, tilapia, kerapu, patin, sidat, lobster dan ikan hias menjadi unggulan budi daya. Program pemuliaan induk unggul dan peningkatan kandungan bahan baku lokal industri pakan segera direalisasikan. Bisnis di sektor kelautan dan perikanan diharapkan mampu meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi nasional, khususnya dari sektor perikanan tangkap. Untuk mencapai itu, perlu adanya kerja sama antara nelayan dan pemerintah.

Para nelayan diminta kerja ekstra dan kreatif agar roda usaha tetap berputar. Untuk usaha perikanan pengolahan ini sendiri merupakan sebuah kegiatan usaha perikanan dengan cara pengolahan hasil perikanan. Bertujuan untuk menjual produk perikanan ke pasar seperti pembuatan nugget berbahan dasar ikan, pengolahan kerupuk ikan, pembuatan bakso ikan, bandeng presto dan masih banyak lainnya. Bisnis atau bidang usaha perikanan tangkap merupakan sebuah kegiatan usaha yang dilakukan dengan cara penangkapan ikan secara langsung menggunakan peralatan penangkapan ikan baik di perairan darat maupun perairan laut. Bidang usaha perikanan budidaya atau yang disebut sebagai akuakultur merupakan sebuah kegiatan usaha dengan tujuan memproduksi ikan di dalam sebuah wadah atau tempat pemeliharaan. Bidang usaha budidaya cukup terjangkau karena hanya membutuhkan media budidaya untuk mengembangkan bibit ikan. Akan tetapi, juga membutuhkan keahlian dan pengetahuan untuk dapat melakukan pembudidayaan ikan dengan tepat.

bisnis perikanan

Sesi 2 dimulai pada pukul 10. 50 WIB dengan pembicara keempat yaitu Dr . Ir. Rita Rostika, MP yang membawakan materi dengan judul “Peluang dan Tantangan Berbisnis Perikanan yang Hebat dan Sukses”. Kondisi saat ini walaupun dalam keadaan pandemi, kebutuhan konsumsi ikan tetap meningkat. Perubahan orientasi pembangunan perikanan saat ini dilakukan dalam pendekatan berorientasi maritim. Rita menjelaskan bahwa Indonesia sekarang dalam kondisi sleeping giant yaitu meskipun Indonesia memiliki potensi yang besar tetapi belum dimanfaatkan dengan baik.

Entah itu bidang bisnis perikanan, baik budidaya atau akuakultur maupun usaha perikanan tangkap. Bisnis atau bidang usaha perikanan tangkap adalah sebuah kegiatan usaha yang serius dalam produksi ikan melalui cara penangkapan ikan.

Selain itu, kita harus mengedepankan Pentahelix Collaboration secara akademisi, bisnis, pemerintahan, komunitas, dan media. Dilanjutkan dengan pembicara ketiga yaitu Syarif Syahrial, membawakan materi mengenai pemodalan usaha kelautan dan perikanan. Rencana pengelolaan tuna nasional ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan perikanan tuna yang lestari untuk kesejahteraan masyarakat perikanan. Di berbagai wilayah terdepan Indonesia tersebut, tersedia 5 peluang bisnis potensial berupa perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan, sistem rantai dingin, serta pergudangan. Untuk memacu berjalannya kegiatan bisnis, pemerintah akan membangun 5 infrastruktur utama di tiap daerah, yakni dermaga, air bersih, instalasi listrik, gudang beku terintegrasi serta kapal penangkapan. Untuk usaha perikanan pengolahan ini sendiri merupakan sebuah aktivitas bisnis perikanan dengan tujuan primer, yakni menaikkan nilai tambah yang telah dimiliki sebuah produk perikanan.