Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiri memang mendorong entrepreneurship di bidang kelautan dan perikanan, salah satunya menyelenggarakan lomba worskshop kewirausahaan di sektor kelautan. “Hanya saja masih ada yang tidak jujur dan melakukan kecurangan. Memanipulasi data hasil tangkapan ikan dan keuntungan yang mereka dapat. Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi kalau mereka mematuhi aturan pemerintah, ” tutur Susi. Produk olahan hasil laut ini biasanya banyak dijual di supermarket seperti nugget dengan dasar ikan, kerupuk ikan atau udang, sampai dengan bakso ikan. Namun, khusus Nelayan kecil yang memiliki kapal dibawah 5 GT tidak harus memiliki SIUP, SIPI atau SIKPI, namun harus memiliki Bukti Pencatatan Kapal. Edhy mengajak berbagai pihak terkait untuk bersama membangun sektor kelautan dan perikanan. Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan salah satu amanah Presiden Joko Widodo yang diberikan ke Menteri Edhy, selain menjalin komunikasi dengan para pemangku kepentingan. Jenis ikan tuna beragam, yaitu tuna mata besar, madidihang, albakora, cakalang dan tuna sirip biru selatan.

Reefer container buat mengangkut produk KP untuk kawasan timur ke pelabuhan ekspor di Surabaya lalu Jakarta masih kurang lalu mahal. Demi efisiensi, kedepan ekspor produk KP ke berbagai negara tujuan didorong bisa langsung dari pelabuhan terdekat. Untuk mengatasi penurunan penjualan hasil tangkapan afin de nelayan di masa pandemi ini, Budhi menyarankan agar agar pemerintah menjadikan program paket bantuan pangan bagi warga yang membutuhkan. Sjarief mengatakan, ketika berbicara tentang laut, banyak milenial yang berpikir bisnis ikan adalah marketing nelayan dan tidak sukses. Sebab, masyarakat telah ditanamkan stereotip orang sukses ialah berdasi dan memakai jas. Skema kerja sama melalui MSC dan asosiasi perikanan tuna yang didukung dengan IPNLF ini tidak dipungut biaya sama sekali buat mendapatkan sertifikat tersebut.

Dengan harga yang terjangkau, ikan tuna memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk mengatasi permasalahan gizi buruk yang masih banyak terjadi di Indonesia. Selain protein yang tinggi, tuna juga mengandung vitamin A, D, B6, B12 dan kaya akan mineral. Ikan tuna juga kaya akan omega 3 lebih tinggi daripada daging ayam dan sapi yang bermanfaat menjaga kolesterol dan jantung. Sebagai pemacu keberanian berinovasi, Menteri Edhy meminta para direktur satuan pendidikan di lingkup KKP untuk mengajukan program pembinaan sekaligus praktek, baik teknis maupun bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta didik. Terlebih di sejumlah unit pendidikan masih memiliki lahan yang masih bisa dioptimalkan.

Demikian konsolidasi orang sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak sampai dengan konsolidasi pembiayaan dan pasar ataupun penyerapan produk. “Ini semua menjadi bagian dari upaya kami untuk mengajak para stakeholder untuk bersama-sama membesarkan sektor kelautan dan perikanan, ” timpal Artati. Sementara dari sisi pemasaran, KKP memiliki program Pasar Laut indonesia. id sebagai bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Disini, KKP menjaring UMKM menjadi 3 kategori, yaitu UMKM Binaan, UMKM Bagus dan UMKM Unggulan untuk memudahkan dalam pembinaan dan pendampingan UMKM selanjutnya.

Sekitar 60% impor perikanan Indonesia adalah tepung ikan, tepung cumi, tuna dan cakalang. Kedepan, kebijakan impor akan mempertimbangkan ketersediaan bahan baku lokal. Industri tepung ikan dan cumi diprioritaskan mendukung pabrik pakan guna menggenjot perikanan budi daya. Demi efesiensi dan pemerataan, UPI diprioritaskan di berbagai wilayah sesuai kelimpahan sumber dayanya.

Sentra bisnis kelautan dan perikanan terpadu dibangun di kawasan perbatasan Indonesia. Serangkaian infrastruktur pendukung mulai dari dermaga hingga air bersih dipersiapkan oleh pemerintah. Produk rajungan di laut Indonesia ada 65 persen dari keseluruhan produk perikanan, dan Blue Swimming Crab terbaik ada di Indonesia.

Di sesi berikutnya seminar dilanjutkan pada pembicara pertama adalah Tigor Chandrama, Direktur Primer PT Bogatama Marinusa yg membawakan materi berjudul Prawn Market. Menurut beliau, pemasok udang secara global di tahun 2018 total ekspor udang mencapai 3. several juta ton, lalu naik pada tahun 2019 melalui angka ekspor 4. forty-five juta ton, dan diperkirakan meningkat kembali pada 1 tahun 2020 dengan angka ekspor 6. 7 juta great deal. Menurut FAO mengenai pasokan udang pada tahun 2019, 85% merupakan produksi udang dipanen di wilayah Pasifik Asia, China, India lalu Indonesia. Beliau juga mencantumkan bahwa beliau sudah mengaplikasikan PCR untuk mendeteksi harmful dan virus sehingga pada ekor benur udang yg dikeluarkan akan bebas untuk penyakit. Di sisi hilir, pemerintah berupaya untuk berbisnis akses pasar dengan penyerapan produk KUKM dari sedikit program Sinergi dan kolaborasi lintas K/L seperti belanja barang pemerintah dan BMN. Menurut Artati, peluang pekerjaan pengolahan ikan masih terbuka luas, apalagi bila perkara itu dilakukan dengan gelora inovatif. “Ikan lele diolah dalam bentuk krakters abon merupakan inovasi dan dapat menjadi cara baru buat mengenalkan ikan kepada anak-anak, ” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (25/10).

“Saya ingin tiap-tiap sekolah memiliki lokasi tempat pembinaan yg langung praktek dan menerima uang dari situ, baugs itu perikanan tangkap juga budidaya, ” sambungnya. Jakarta, InfoPublik- Potensi kelautan lalu perikanan Indonesia yang setelah besar, perlu diimbangi melalui kemampuan sdm handal. Buat membangun itu semua, hingga diperlukan juga kerja persis berbagai pihak dalam perkara ini bukan hanya KemenkopUKM sendiri, tetapi juga melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan di hulunya bagaimana trik budidaya ikan yang baugs. “Nah nanti di kami akan bantu mengembangkan type bisnisnya, menghubungkan dengan industry, sehingga pembiayaan akan jauh mudah masuk ke koperasi, ” ujar Teten.

Sehingga importir lebih memilih membeli dari Vietnam, India, hingga Tunisia. “Tapi akhirnya Amerika tetap ambil di Indonesia karena rajungan kita terbaik, ” ujar Nizam. Menurutnya, dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan untuk bisa menembus pasar Amerika. Hal ini dikarenakan Amerika memiliki standar kualitas yang sangat tinggi. Dan produk rajungan milik pria dengan sapaan akrab Nizam ini merupakan produk pasteurisasi dalam kaleng.

Sementara dalam Konferensi Internasional Bali Tuna ketiga yang berjalan pada tahun ini, diluncurkan dokumen yang berisikan kerangka strategis pemanfaatan ikan chumbera atau disebut dengan collect strategy framework. Dokumen di sini. berisikan tentang pengelolaan perikanan tuna yang berkelanjutan model big eye tuna, yellowish fin tuna, dan skipjack tuna di wilayah pengelolaan perikanan 713, 714 lalu 715. Bahkan juga disepakati sertifikat Marine Stewardship Authorities dan joint commitment masa KKP dengan IPNLF.