Menu Close

Panduan Lengkap Agar Bisnis Ternak Lele Dapat Menguntungkan

bisnis ternak lele

Namun sayangnya reputasi ikan lele dumbo semakin hari semakin turun karena memang kualitasnya yang dirasa semakin turun pula. Adapun pH yang dibutuhkan biasanya adalah pH netral yakni berkisar antara 7-8 saja, sementara pH tanah pada umumnya berada di angka 6 ke bawah. Tujuan penetralan pH tanah ini adalah untuk membasmi mikroorganisme jahat yang bisa menyebabkan penyakit pada lele.

bisnis ternak lele

Untuk pakan ikan membutuhkan biaya sebanyak Rp 500. 000, 00 setiap bulannya. Oh ya, alat untuk kolam lele di Bukalapak bisa membantu peternak lele yang ingin praktis. Kalau bikin sendiri mah mana bisa soalnya suami saya terbatas keahliannya dalam membuat sesuatu secara rapi dan benar.

Dialah sang peternak lele yang memulai terobosan dengan melakukan impor lele ke Jepang dan Eropa! Berawal dari kegigihannya beternak lele, ditambah riset terbaru yang membuktikan bahwa kandungan gizi lele melebihi salmon. Obat dan vitamin digunakan untuk pertumbuhan ikan lele semakin baik.

Pilihlah bibit lele yang dapat mengkonsumsi pelet jenis f999 atau pelet dengan bentuk butiran. Pilih juga lele dengan ukuran panjang sekitar 7 cm hingga 9 cm dengan umur sekitar 2 Minggu. Jangan pilih bibit lele yang masih terlalu kecil, sebab akan lebih rentan mati ketika dipindah ke tempat yang baru.

Pengeluaran untuk pembuatan kolam hanya dilakukan di awal usaha saja. Saat sudah memasuki masa panen kedua, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya operasional saja.

Berdasarkan hasil penelusuran penulis, lele mutiara adalah lele yang paling baik untuk dibudidayakan baik dari segi pertumbuhan maupun ketahanannya pada penyakit. Jumlah tersebut akan menghasilkan nilai investasi awal sebesar Rp5. 572. 075. 000 dengan umur proyek 5 tahun. Pada pasar domestik, permintaan terhadap ikan lele terus meningkat setiap tahunnya yang dapat dilihat seiring bertambahnya produksi ikan lele. Penyakit akibat channel catfish virus yang menyebabkan lele perdarahan di sirip dan perut serta tampak lemah dan berenang tegak vertikal di permukaan kolam. Untuk mencegah serangan virus ini Anda harus rajin membersihkan kolam, dan sayangnya belum ada obat untuk penyakit ini.

Pemberian pakan lele – pakan lele yang dianjurkan merupakan pakan dengan kandungan protein hewani yang cukup tinggi. Tapi Anda tidak perlu bingung karena Anda cukup memilih pakan lele yang sudah banyak tersedia di pasaran, pilihlah yang bergizi dengan harga yang relatif menguntungkan. Anda bisa melakukan penyesuaian suhu dan air dengan cara memasukkan kantong plastik atau wadah berisi benih terapung di dalam kolam. Biarkan selama setengah jam hingga suhu wadah dengan kolam bisa sama. Bila Anda penggemar lele pasti Anda pernah mendengar ikan lele dumbo yang sempat hits beberapa tahun yang lalu.