Menu Close

Peluang Usaha Ternak Lele Dan Analisa Bisnis Lengkapnya

bisnis ternak lele

Budidaya lele Pak Komarudin sudah banyak menarik hati para pelanggan. Tak heran jika omset yang diperoleh Bapak Komarudin dari budidaya lele mencapai Rp18. 000. 000, 00 dari penjualan 1, 2 ton lele per bulan.

Setelahnya, tanah digemburkan untuk menghilangkan kemungkinan gas beracun. Kala itu Gibran yang kuliah di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung ini disarankan untuk menggarap budidaya lele. Jika sudah, bersihkan kembali kolam untuk dihuni benih-benih lele yang baru. Lele yang siap panen memiliki ukurannya sekitar 5-7 cm atau 9-12cm. Tunggu hingga 24 jam agar benih-benih lele bisa beradaptasi dengan kolam.

Ayah satu anak itu menerapkan sistem ‘central drain’ untuk menghemat air yang digunakan. Tak hanya itu dia juga memberikan pakan dan konsentrat yang berkualitas untuk lelenya sehingga hasilnya maksimal dan memenuhi standar. “Kami membeli kembali lele yang bibitnya beli di kami, kami prioritaskan itu. Terutama untuk peternak di Jabodetabek, ” imbuh dia.

“Jadi warga yang budidaya lele, setelah mengikuti pelatihan ini saya harapkan bisa berinovasi dan lebih maksimal hasilnya, ” kata Bintang Dwi. Sebelum memisahkan benih-benih dari kolam, siapkan dahulu ember yang diisi dengan air kolam untuk benih tersebut.

Jika memakai media kolam tanah, maka tanah perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini untuk menghindari penyakit yang bisa saja ada di tanah kolam tersebut.

Ada beberapa keuntungan jika beternak lele menggunakan sistem Bioflok dibanding dengan teknik lainnya. Biasanya, lama pembentukan ini memakan waktu sekitar 3 hari sampai 7 hari. Kamu juga bisa menaruh tanaman talas atau eceng gondok yang bisa menyerap racun air kolam.

bisnis ternak lele

Public Relation Manager MBGI Arief Setyo Widodo berharap, pelatihan ini bisa memberi wawasan warga terutama kaum muda dalam berwirausaha ternak lele. Arief mengapresiasi semangat para pemuda yang ikut pelatihan dan terinspirasi untuk berwirausaha ternak lele.

Pemberian pakan harus dijadwalkan dengan berselang 12 jam supaya ukuran lele tidak cepat membesar. Bapak Komarudin juga menjelaskan bahwa, ukuran lele yang terlalu besar justru jarang laku atau jarang diminati. • Setiap kolam juga dilengkapi dengan aerator untuk menambah pasokan udara dalam air sehingga ikan dapat tumbuh lebih cepat. • Keadaan kolam yang selalu bersih karena tersedia pipa khusus yang dapat mengeluarkan kotoran lele. Kotoran lele tidak mengendap sehingga air dan kolam tetap bersih.

Berbisnis ikan lele membutuhkan ketekunan dan keseriusan karena kamu harus berhadapan dengan bau amis setiap harinya. Selain itu, ikan lele punya daging yang lembut dengan cita rasa gurih sehingga jadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Kandungan protein yang dimiliki ikan lele juga cukup tinggi sehingga ideal menjadi makanan sehari-hari untuk dikonsumsi.