Setelah memantabkan diri, Rian menemukan ide membuat menu ayam bakar taliwang. Perlahan usaha itu dilakoni dan akhirnya terus berjalan. Penggunaan website ini dan isinya disediakan untuk kenyamanan Anda.

Riezka bercerita, darah wirausaha memang mengalir dalam tubuhnya, sang ayah memiliki sejumlah restoran di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, saat lulus kuliah ia belum tertarik dengan bisnis kuliner sehingga ia berani membuka bisnis salon kecantikan. Jakarta – Riezka Sari pemilik katering halalfood. co terbilang sukses dalam membangun bisnis. Bagaimana tidak, dari latar belakang pendidikan psikologi dan bermodal minim, ia mampu mencetak omzet penjualan hingga ratusan juta. Anda tidak perlu pendidikan atau pelatihan khusus untuk menjadi pengusaha katering yang sukses.

Misalnya kalau kamu ingin menargetkan orang-orang yang peduli kesehatan, kamu bisa membuat varian menu vegan di dalam rangkaian menu kamu. Atau misalnya, bila kamu ingin menargetkan komunitas pencinta drama Korea, kamu juga bisa menambahkan menu-menu gaya Korea, seperti ayam BBQ mozarella. Namun, untuk mendulang kesuksesan, diperlukan target pasar yang benar-benar terarah. Kadang lebih sulit mempertahankan ketimbang meraih kesuksesan. Dengan perhitungan sederhana di atas, kita bisa mendapatkan keuntungan Rp 660 ribu per order.

Untuk memulainya, Anda bisa memanfaatkan teman-teman atau pihak untuk mencari tambahan modal terlebih dahulu. Terkait dengan potensi penghasilan dari binis katering ini sangat tergantung terhadap ukuran acara yang Anda layani. Anda harus selalu memberikan layanan katering yang berkualitas, menjadikan setiap acara menjadi mengesankan. Katering adalah bisnis yang sebenarnya dapat dijalankan di manapun, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Tetapi, lebih baik memilih untuk menjalankan bisnis yang satu ini di lokasi yang ramai agar bisnis kamu dikunjungi dan dicari banyak orang.

bisnis katering rumahan

Rak penyimpanan, digunakan untuk menyimpan bahan atau bumbu dengan rapi agar tidak tertukar saat memasak dan juga mempermudah untuk membedakan masing masing bumbu. Tata letak pada sebuah dapur adalah hal yang sangat penting agar proses memasak Anda lebih efisien. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya operasional mingguan seperti biaya listrik, gas, dan juga biaya transportasi untuk mengantar katering ke tempat pemesan. Kalau kamu merekrut tenaga pembantu maka kamu juga perlu memikirkan upah tenaga yang kamu pekerjakan. Untuk investasi awal mencakup belanja peralatan dan perlengkapan masak yang mencakup panci, baskom, garpu, sendok, piring, wajan dan lain sebagainya. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan tersebut sekitar Rp 4 juta. Selain itu jangan lupa minta masukan untuk meningkatkan kualitas dari rasa masakan katering yang sedang Anda buat ini.

Namun, Anda dapat mengambil beberapa kursus di lembaga kuliner atau sekolah kejuruan yang secara signifikan dapat membantu meningkatkan kualitas penyajian makanan Anda. Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.

Bahkan dalam sebulan bisa datang 4-5 order, tergantung bagaimana pemasaran dan kualitas masakan. Sedangkan untuk menyasar konsumen yang luas Anda bisa membuat selebaran atau memasang iklan di koran lokal. Anda juga perlu memanfaatkan Facebook dan Instagram untuk mengenalkan bisnis Anda pada konsumen yang lebih luas. Lebih baik dapatkan dahulu supplier untuk bahan baku Anda.

Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas. Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian. Memasak untuk katering memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai.