bisnis katering rumahan

Catatan keuangan harian harus kamu perhatikan sejak awal memulai usaha kateringmu. Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan order secara berkelanjutan, kamu harus terus berkreasi menciptakan menu-menu baru yang beragam. Jika memang diperlukan, rekrutlah beberapa karyawan untuk membantu kamu, semuanya tergantung kebutuhan.

Ada yang bertugas membantu memasak, untuk mengantarkan pesanan, ada pula yang dipekerjakan untuk berhubungan dengan supplier, mengelola keuangan dan menangani promosi. Untuk tahap awal, jika pesanan yang kamu terima masih dalam skala kecil, mungkin kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengantarkan pesanan. Seiring perkembangan usahamu, kalau kamu sudah menerima pesanan dalam skala yang lebih besar, kamu perlu kendaraan dan personil khusus untuk mengurus pengantaran order. Selain modal cash, modal awal yang harus dipersiapkan tentunya adalah peralatan memasak. Belilah perlengkapan yang benar-benar kamu butuhkan saja. Dengan tidak terburu-buru membeli semua peralatan baru, kamu bisa lebih menghemat uang. Untuk menambah daya jual katering kamu, penting juga untuk menentukan konsep atau tema yang khas dan berkarakter.

Untuk menjaga kualitas kateringnya, Riezka mengaku rajin memeriksa akun instagram atau sarana promosi katering besar lainnya. Ia mempelajari sedikit demi sedikit apa saja yang dilakukan oleh usaha katering lainnya. Riezka juga melayani katering untuk pesanan bulan Ramadan.

bisnis katering rumahan

Biasanya penyedia jasa katering menu diet menuliskan gizi yang dikandung di menu makanannya, membuat konsumen lebih percaya dan yakin untuk mengonsumsi makanannya. Bagi pemula, bisnis tidak perlu menyewa sebuah ruko atau tempat sebagai lokasi produksi karena bisa dilakukan dirumah. Hal ini juga dapat membuat kamu menghemat biaya sewa tempat, sehingga sangat menguntungkan untukmu yang memiliki modal kecil.

Saat menentukannya, pertimbangkan target pelanggan yang disasar dan harga untuk setiap pilihan menu, serta seberapa memungkinkan menghadirkan konsep tersebut. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dengan masalah yang bisa saja muncul selama memasak, dan menerima komentar dari orang-orang terdekat mengenai hasil kreasi masakan kamu. Kamu juga bisa mengikuti beberapa kelas memasak agar dapat belajar dari chef profesional dan berbagi tips and trick dengan peserta kelas memasak lainnya. Selain soal pesaing, kamu juga harus menentukan target konsumen. Untuk katering baru, mungkin agak sulit untuk menembus perusahaan dan menjadi katering kantoran langganan mereka. Kamu bisa mulai dulu dari pelanggan skala kecil, misalnya rumah tangga, termasuk tetangga dan teman-teman dekat, serta anak-anak kost. Yang mungkin agak sulit untuk dilakukan disini adalah mengenali gizi dan mengetahui makanan mana yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan ataupun sesuai gizi yang dibutuhkan.