Menu Close

Yuk Intip Trik Usaha Tanaman Hias Saat New Normal

bisnis tanaman

Semua bermula untuk hobi, kata Mas Iwan, seorang pakar tanaman hias dari Bogor. Tanaman hias milik Iwan sudah muncul luas, tidak saja pada negeri bahkan ke mancanegara. Harganya bervariasi, mulai untuk yang puluhan ribu sehingga puluhan juta rupiah.

Terpisah, petani sekaligus event organizer acara tanaman hias Agil Sugiman menuturkan, harga tanaman hias menyesuaikan jenis dan kekhasannya. Meski menjadi kebutuhan tersier, namun di masa pandemi hal tersebut menjadi mempunyai kebiasaan yang jauh dari penularan Covid-19. Seperti dilakukan Dian Wahyu Bima Kuncara, adalah guru SMA di Sukoharjo. Josh bercerita, dia merupakan pencinta tanaman, khususnya tanaman hias.

Hal ini dikarenakan perihal agroklimat di Indonesia menyerupai dengan negara Thailand. Tanaman pertanian yang paling bermanfaat pertama datang dari timur tengah, yaitu tanaman kurma.

“Petani-petani di natural bisa meraih untung bersih hingga Rp 900 jt/tahunnya dari budidaya tanaman di sini. mas dan mirisnya mereka sukses karena pasar dalam Indonesia”, Ujar Bapak Muksin. Menurut pakar buah untuk kota Bogor DR Mohammad Reza Tirtawinata MS, tanah indonesia memiliki peluang dalam baik untuk tanaman kurma.

Berbagai tanaman hias yang dulunya jarang dilirik pun kini naik daun. Teguh menyebut dalam tengah laku keras sewaktu ini yaitu jenis tanaman bercorak unik seperti janda bolong dan jenis Monstera variegated lainnya. Pendapat ini juga dibenarkan oleh Bapak Mukhsin manajer dari perkebunan Jonggol Farm. Jonggol village memulai budidaya tanaman kurma karena melihat dan terinspirasi keberhasilan perkebunan kurma dalam Thailand.

Marketing tanaman hias ini gak dapat berjalan maksimal kalau tidak menggunakan mesin perajang kompos dalam pengolahannya. Pemakaian dari mesin perajang kompos dibutuhkan agar proses perawatan tanaman hias berjalan laju dan efektif. Kinerja mesin perajang kompos yakni mengolah pupuk alami untuk tanaman hias dengan praktis lalu mudah. Tampilan mesin perajang kompos sangat modern dimana kinerjanya sangat handal lalu berjalan begitu cepat.

ulailah dengan seleksian bisnis skala kecil dalam sederhana dan risiko tipis. Jika ingin berjualan tanaman hias, kunci keberhasilannya adalah ketepatan dalam memilih produk. ika ada yang berminat berbisnis tanaman hias, hingga harus belajar strategi marketing dan manajemen usaha di sini.. membuka usaha tanaman hias harus dijalankan dengan tepat dan melalui perhitungan dalam tepat agar mendapatkan upah. tak hanya menjadi penyaluran hobi, namun dapat akhirnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena mempunyai nilai redovisning yang cukup tinggi.

Untuk hobi dan profesi dalam digelutinya, Iwan kini gak sekadar pencinta dan mahir tanaman, ia juga adalah pengusaha. Iwan sukses mengumpulkan uang yang lumayan tidak sedikit dari hasil penjualan tanaman hiasnya.

Berikutnya, yang membedakan usaha jual tanaman hias milik Annisa dengan yang lainnya seperti pot yang unik. Ia menjual tanaman hias melalui pot warna putih lalu pot karakter, seperti weed karakter gajah, burung hantu, Jerapah dan lainnya. Servis sosial media dimanfaatkan Iwan untuk mempromosikan koleksi tanaman hiasnya. “Dalam tiga setahun terakhir saya mengandalkan promosi penjualan di Sosmed, ” katanya. Ini berbeda dalam awal-awal karirnya, dimana ia sibuk ikut pameran ataupun beriklan di mana-mana.

bisnis tanaman

Ya tanaman yang buahnya cukup digemari oleh tidak sedikit masyarakat Indonesia. Apalagi dalam bulan puasa, permintaan buah kurma bisa naik 12 kali lipat dari hari-hari bisa. Salah satu ibu rumah tangga yang jua pebisnis tanaman hias dalam Serui, bernama Susan mengesahkan, bisnis tanaman yang digelutinya saat ini sangat menbantu perekonomian keluarganya.